Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Bermain Saham Khusus Pemula

7 Cara Bermain Saham Khusus Pemula

Mengaburkan, Bagan, Komputer, Data, Keuangan, Grafik

Saham ialah salah satu instrumen investasi yg terkenal di kalangan masyarakat. Sebab saham mempunyai potensi keuntungan yg jauh lebih besar daripada instrumen investasi lainnya. Meski demikian, berinvestasi saham faktanya sanggup mendatangkan resiko yg sangat tinggi, terlebih apabila dilakukan tanpa pengetahuan yg cukup.

Maka dari itu, bila kamu baru mengetahui dunia saham, sebaiknya jangan dulu eksklusif nyerocos berinvestasi. Akan tetapi, luangkanlah waktu secukupnya untuk belajar.  Termasuk dengan membaca 7 tutorial bermain saham untuk pemula berikut ini.


1. Pertama, pilihlah satu alias dua perusahaan publik yg akan kamu investasikan

Bukalah situs BEI (bursa efek Indonesia) terlebih dahulu dan lihat daftar perusahaan yg telah terdaftar. Kemudian, seleksilah perusahaan mana yg kinerjanya keren dan tepat dengan budget yg kamu punya. Ingat, sebagai pemula, awali dulu dengan membeli saham dari satu alias paling tak sedikit dua perusahaan saja. Nanti seusai kamu telah lumayan berpengalaman, silahkan kelola saham dari tak sedikit perusahaan.


2. Pilih saham yg telah terbukti

Kamu yg tetap pemula jangan berani bermain saham pada perusahaan dengan kualitas kapitalisasi yg kecil. Atau perusahaan yg harga sahamnya sangat berfluktuatif.

Sebab tipe saham yg semacam ini sangat mudah dimanipulasi oleh investor dengan modal yg besar. Oleh karena itu, belilah saham perusahaan yg telah terbukti. Yang kinerja keuangannya keren dan menurutmu mempunyai prospek keren kedepannya.


3. Pantau pergerakan ekonomi dunia dan dalam negeri

Lihat bagaimana animo ekonomi yg terjadi kini dan prediksikan bagaimana arah pergerakannya kedepan. Apakah berada dalam kondisi yg normal, boom, alias sedang depresi. Sebab situasi pasar saham akan rutin mengikuti kondisi perekonomian.

Nah, apabila kondisinya sedang normal alias booming, jadi itu ialah menandakan yg keren untuk berinvestasi. Sebaliknya, bila market tengah mengalami depresi, hindari membeli saham baru dan jual semua saham yg kamu miliki sebelumnya.


4. Selanjutnya, salah satu tutorial bermain saham untuk pemula ialah dengan menonton sentimen pasar

Sentimen pasar ialah satu faktor yg tak jarang menyebabkan turun naiknya harga saham. Sentimen ini sendiri timbul dari pengaruh beberapa macam animo dan kebijakan. Baik itu yg bersumber dari dalam maupun luar negeri. Faktor dalam negeri, biasanya dipengaruhi oleh kebijakan suka bunga acuan, inflasi,  kebijakan pemerintah, sampai berita burung mengenai perusahaan alias industri tertentu.

Sementara untuk faktor luar negeri biasanya dipengaruhi oleh kurs Rupiah kepada valuta lain, indeks harga saham regional yg dalam faktor ini ialah wilayah Asia, dan juga pengaruh kebijakan dari bank sentral Amerika Serikat.


5. Baca sebanyak mungkin buku yg mengulas mengenai saham

Di beberapa toko buku, kamu dapat menemukan sejumlah buku yg mengulas mengenai topik bermain saham. Baik yg ialah karangan lokal maupun luar negeri. Buku-buku tersebut ialah hasil karya  mereka yg telah berpengalaman di dunia investasi saham.

Mungkin tiap buku akan sedikit tak sama penjelasannya, sesuai dengan pengalaman dari masing-masing pengarang. Akan tetapi, itu justru sangat baik karena memperlihatkan kamu tak sedikit referensi yg dapat kamu gunakan ketika mulai berinvestasi saham di dunia nyata.


6. Mulailah dengan dana yg tak terlalu besar

Salah satu tutorial bermain saham untuk pemula yg wajib kamu ikuti ialah mulai berinvestasi dengan modal yg kecil. Meskipun kamu mempunyai uang yg lumayan banyak, jangan sekali-kali mencoba eksklusif mengelontorkan dana yg besar untuk berinvestasi saham.

Pasalnya, kamu tetap pemula dan perlu lebih tak sedikit waktu untuk belajar. Sehingga, akan jauh lebih baik kalau kamu mulai dengan modal dana yg minim. Silahkan mulai bermain saham dengan modal Rp. 100 ribu sampai Rp. 1 juta terlebih dahulu.


7. Terakhir ialah kontrol emosi kamu

Sebab bermain saham sebetulnya ialah bermain emosi. Sehingga kamu yg mudah dipengaruhi oleh emosi akan sangat sangat kurang baik dalam permainan saham. Banyak lho permasalahan dimana trader mengalami kerugian yg begitu besar dampak dikendalikan oleh emosi mereka.

Oleh karena itu, rutin kontrol emosi kamu disaat kamu tengah bermain saham. Teruslah berpikir jernih baik di ketika kamu untung maupun rugi. Jangan biarkan kondisi bahagia dan kecewa kamu yg membikin keputusan untuk membeli alias menjual saham.

Bermain saham terbukti termasuk sebagai salah satu tutorial menghasilkan uang dengan cepat. Namun ingatlah bahwa faktor tersebut berlaku kalau kamu telah punya pengetahuan mengenai investasi saham yg mumpuni.

Oleh karena itu, bagi kamu yg tetap termasuk anak baru, praktikkanlah dulu 7 tutorial bermain saham untuk pemula semacam yg telah disebut diatas. Praktikkan ketujuh faktor tersebut dengan konsisten dan sungguh-sungguh. Niscaya kamu akan naik dari level pemula menjadi level professional, bahkan ahli.

Posting Komentar untuk "7 Cara Bermain Saham Khusus Pemula"