Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Untuk Mengajar Anak-Anak Ilmu Pengetahuan

7 Tips Untuk Mengajar Anak-Anak Ilmu Pengetahuan

Chlid Play, Child Care Logo, Product Icon

Mendapatkan anak-anak tertarik pada ilmu pada usia dini sangat penting. Lebih mudah dari yang kau pikirkan. Sains tidak harus sesuatu yang misterius. Hal ini terjadi di sekitar kita, dan Anda dapat menggunakan hal-hal sehari-hari untuk mendorong kepentingan anak-anak Anda dan pengetahuan.

Kebanyakan orang tua percaya bahwa mereka tidak dapat membantu anak-anak mereka dengan ilmu pengetahuan. Tapi kau tidak perlu gelar ilmiah lanjutan untuk mengajar anak-anak ilmu pengetahuan. Semua yang Anda butuhkan adalah kemauan untuk mencoba, untuk mengamati dunia, dan untuk mengambil waktu untuk mendorong rasa ingin tahu alami mereka.

Anda dapat membantu dengan memiliki sikap positif terhadap ilmu sendiri. Kemudian mulai dengan menanyakan anakmu pertanyaan tentang hal-hal yang kau lihat setiap hari. Menurutmu kenapa itu terjadi? Menurutmu bagaimana cara kerjanya? Dan kemudian mendengarkan jawaban mereka tanpa menghakimi atau menghakimi mereka. Mendengarkan tanpa menghakimi akan meningkatkan kepercayaan diri mereka, dan membantumu menentukan apa yang dilakukan anakmu atau tidak tahu.

Anda dapat mengubah setiap hari kegiatan menjadi proyek-proyek ilmu pengetahuan. Sebagai contoh, jangan hanya berkomentar seberapa terang bulan adalah satu malam. Tanyakan pertanyaan tentang mengapa terang malam ini, mengapa berubah bentuk, dll Anda dapat mengamati fase bulan selama sebulan, dan mengubah aktivitas yang menjadi proyek ilmu pengetahuan, tanpa bahkan menyebutkan kata-kata "science project".  Untuk anak yang suka memasak, mengamati bagaimana susu curdles ketika Anda menambahkan cuka, atau bagaimana gula meleleh ke sirup. Cobalah membuat kue dan bertanya kenapa kuenya naik? Apa yang terjadi jika kau lupa memasukkan beberapa bahan? Voila! Ide proyek ilmiah instan, tanpa mengintimidasi pada Anda atau anak Anda.

Anak-anak yang berbeda memiliki kepentingan yang berbeda sehingga mereka membutuhkan berbagai jenis proyek ilmu pengetahuan. Sebuah koleksi batu mungkin menarik anak Anda muda tapi anak Anda yang lebih tua mungkin membutuhkan sesuatu yang lebih terlibat. Untungnya, tidak sulit untuk menemukan banyak proyek menyenangkan. Mengetahui anak Anda adalah cara terbaik untuk menemukan kegiatan belajar yang menyenangkan. Ini beberapa tips:

- Pilih kegiatan yang merupakan tingkat kesulitan yang tepat-tidak terlalu mudah atau terlalu keras .  Jika Anda tidak yakin, memilih sesuatu yang lebih mudah karena Anda tidak ingin mencegah anak dengan membuat frustasi sains.  Anda selalu dapat melakukan proyek lebih keras di kemudian hari.

- Baca abad yang disarankan pada proyek-proyek apapun, buku atau mainan label, tapi kemudian pastikan bahwa aktivitas yang tepat untuk anak Anda, terlepas dari usia. Kepentingan anakmu dan kemampuan itu unik. Jika seorang anak tertarik pada topik, mereka mungkin dapat melakukan kegiatan normal dilakukan oleh anak-anak yang lebih tua, sementara anak yang tidak tertarik mungkin membutuhkan sesuatu yang lebih mudah ditujukan pada usia yang lebih muda. 

- Pertimbangkan seberapa baik jenis proyek cocok dengan kepribadian anak Anda dan gaya belajar. Apakah proyek ini dimaksudkan untuk dilakukan sendiri atau dalam sebuah kelompok? Apakah ini memerlukan bantuan orang dewasa atau pengawasan? 

- Pilih kegiatan yang cocok dengan lingkungan Anda. Sebuah kota yang penuh cahaya terang di malam hari mungkin bukan tempat terbaik untuk mempelajari bintang-bintang.  Tapi selama liburan anda ke daerah terpencil, Anda mungkin dapat memicu minat dalam astronomi.

- Biarkan anak Anda membantu memilih proyek atau aktivitas. Cukup mudah untuk bertanya.    Daripada membanjiri mereka, sarankan 2 atau 3 kemungkinan. Ketika seorang anak mengambil sesuatu mereka tertarik, mereka akan menikmatinya dan belajar lebih banyak dari itu.

Posting Komentar untuk "7 Tips Untuk Mengajar Anak-Anak Ilmu Pengetahuan"