Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

GOLD : Analisa Teknikal Harian 24 September 2021

GOLD : Analisa Teknikal Harian 24 September 2021

Selamat Pagi pembaca, Hari ini, GOLD / XAUUSD mempunyai setup yg luar biasa untuk trading harian kita. Dimana semenjak kemarin hari lalu, komoditas ini tampak berada dalam suatu pola yg lumayan menarik.

Simak XAUUSD dalam Daily chart berikut: 

Dilihat dari chart di atas, tampak harga komoditas XAUUSD / GOLD kembali mencoba menembus batas bawah Area Resistance (Kotak Hitam) sebab selera risiko terangkat ketika dolar AS jatuh, jadi safe haven ini lebih dilepas oleh para pelaku pasar untuk aset berisiko.

Untuk ulasan entry hari ini, mari kita baca XAUUSD dalam 1 Jam chart berikut :


Berdasarkan foto diatas ini,


Saya sudah menentukan Level harga Support serta Resistance intraday berikut:


Resistance2 (R2) : 1765.50


Resistance1 (R1): 1754.07


Support1 (S1): 1732.52


Support2 (S2): 1721.25


Pada foto chart di atas, GOLD terus terpuruk dengan mencoba membentuk level terendah baru pasca outlook pasar yg lebih mengambil risiko jadi ini akan menjadi dasar analisa, sambil masih memantau sentimen terakhir yg ada.

Hari ini, fokuskan analisa pada reaksi harga kepada sekitaran level-level yg sudah dipetakan untuk menolong proses konfirmasi dengan masih mewaspadai sentimen terakhir seputaran dolar AS serta Selera Risiko. Tetap objektif ya!

Indikator Tipe Volume akan menolong menyimak besaran ketertarikan kepada harga untuk kesempatan pembentukan arah.

Level R1 serta level S1 juga akan mengukur seberapa besar ketertarikan trader kepada komoditas XAUUSD ini, breakout pada salah satu level ini akan menjadi indikasi arah harga yg baik.

Waspadai terjadinya pola konsolidasi ataupun false breakout antara level R1 serta leve S1 hari ini.

Jangan berasumsi (Just Trade What You See, Not What you Think).

Lets see.

Nah, dalam pandangan/prediksi saya, berdasarkan pergerakan harga yg kita analisa diatas, kali ini kita akan mencoba menonton kesempatan untuk entry yg tersedia. Tetapi, teknikal tak mengijinkan anggapan bermain, jadi entry paling baik yg mampu dilakukan ialah, kita akan terus menonton pergerakan CLOSE PRICE pada Candle 1 hour.


Setup saya untuk Breakout opportunity GOLD

Buy : Bila harga close candle 1 Hour menembus level R1, jadi bersiap mencari posisi Entry BUY terbaik, kalian pun mampu membiarkan posisi kalian mencapai level R2 (level Resistance terkuat hari ini)   untuk menonton reaksi pasar kepada level tersebut untuk naik kembali alias tidak.

Sell : Bila harga close candle 1 Hour menembus level S1, jadi bersiap mencari posisi Entry SELL terbaik, kalian pun mampu membiarkan posisi kalian mencapai level S2 (level Support terkuat hari ini) untuk menonton reaksi pasar kepada level tersebut untuk turun kembali alias tidak.


Setup saya untuk Pullback opportunity GOLD

Sell : Bila harga close candle 1 Hour tak menembus level R1 (seperti membentuk bear pin bar), jadi bersiap mencari posisi Entry SELL terbaik, tetapi jika harga mencapai serta menembus level ini jadi bersiap untuk cut loss. Dapat diterapkan di level R2 juga.

Buy : Bila harga close candle 1 Hour tak menembus level S1 (seperti membentuk bull pin bar), jadi bersiap mencari posisi Entry BUY terbaik, tetapi jika harga mencapai serta menembus level ini, jadi bersiap untuk cut loss. Dapat diterapkan di level S2 juga.

Gunakan Risk Reward rutin minimal 1:1 alias 1:2 serta trailing stop loss (manual maupun otomatis) jika diperlukan. Bisa memakai level-level support serta resistance untuk referensi analisa kalian menentukan Stop Loss serta melakukan Cut Loss, masih waspada akan terjadinya konsolidasi harga.

Tetap gunakan money management yg baik dalam setiap entry untuk keberlangsungan trading yg sehat, semoga postingan ini mampu menjadi referensi kalian dalam melakukan analisa pada market.

NOTE: Jika ada pair yg ingin di request analisanya, mampu tulis dikolom komentar, akan diusahakan diterbitkan dipost selanjutnya. Terima Kasih.

Posting Komentar untuk "GOLD : Analisa Teknikal Harian 24 September 2021"