Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Cepat Cek Tunggakan BPJS Kesehatan

3 Cara Cepat Cek Tunggakan BPJS Kesehatan

cara-cek-tunggakan-bpjs-kesehatan

Memiliki keanggotaan di BPJS Kesehatan terbukti ialah kualitas lebih tersendiri alasannya ialah ini ialah perusahaan BUMN dan bisa menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

Selain itu, BPJS juga telah berafiliasi di beberapa layanan kesehatan baik itu rumah sakit pemerintah maupun swasta.

Namun bagi pemilik mandiri, mereka harus melakukan pembayaran premi tiap bulan dengan cara rutin.

Jika anda sempat mengalami lambat bayar jadi butuh melakukan cek supaya ketika  diperlukan tak menjadi kendala.

Cara untuk cek tunggakan BPJS Kesehatan bisa dibilang mudah dan cepat. Kamu hanya butuh melakukan beberapa tutorial berikut dan telah bisa mengenal berapa tunggakan yg harus di bayar.

Sebagai warga negara Indonesia, kita harus berbangga alasannya ialah negara telah memberi fasilitas asuransi kesehatan yg sangat murah.

Apalagi asuransi ini bisa membiayai rawat jalan dan rawat inap meskipun dikelompokkan menjadi 3 kelas.

Namun setidaknya dengan proteksi ini, masyarakat akan mencicipi keringanan ketika mengalami sakit dan tak terlalu terbebani anggaran pengobatan yg lumayan mahal.


BPJS kesehatan

Melihat pendek sejarah bahwa pada tahun 2014 PT. Askes bermetamorfosis BPJS Kesehatan dan menyentuh seluruh masyarakat baik itu PNS, TNI, POLRI maupun pegawai swasta dan wiraswasta.

BPJS bermetamorfosis layanan umum untuk memberi perlindungan jaminan kesehatan melewati fasilitas rawat jalan dan rawat ini.

Seluruh masyarakat diwajibkan mempunyai kartu BPJS sebagai bukti keanggotaan. Bagi masyarakat yg tak lebih sanggup jadi negara harus untuk menanggung sebagai wujud keadilan sosial.

Namun bagi yg sanggup mereka akan dikenakan anggaran premi per bulan melewati pemotongan gaji alias bayar sendiri melewati beberapa tutorial semacam transfer via ATM.

Untuk peserta yg dibayar bersamaan dengan perusahaan daerah mereka bekerja biasanya tak tidak sedikit menemukan kendala alasannya ialah sistem pembayaran dengan cara otomatis.

Namun bagi peserta perorangan yg harus membayar sendiri setiap bulan bisa jadi mengalami lupa alias keterlambatan.

Sehingga sebelum mereka melanjutkan pembayaran harus cek kembali tunggakan BPJS Kesehatan yg mereka miliki.


Iuran BPJS Kesehatan Naik

Sempat menjadi percakapan hangat di awal tahun ini bahwa iuran BPJS mengalami kenaikan dua kali lipat dibanding iuran sebelumnya.

Hal ini untuk mengatasi defisit selagi ini yg dialami oleh BPJS Kesehatan.

Namun dibandingkan iuran asuransi kesehatan lainnya, BPJS tetap termasuk sangat terjangkau dengan kualitas fungsi yg menanggung anggaran inap, obat dan rawat jalan.


Berikut ini kenaikan iuran BPJS Kesehatan:


Untuk Kelas I Rp. 160.000,-

Untuk Kelas II Rp. 110.000,-

Untuk Kelas III Rp. 42.000,-

Untuk peserta berdikari bisa melakukan pembayaran melewati tokopedia alias transfer via ATM.


Syarat Membuat BPJS Kesehatan

Untuk kamu yg ingin mendaftar BPJS Kesehatan dengan cara berdikari alias tak melewati perusahaan jadi bisa datang eksklusif ke kantor BPJS terdekat.

Ada beberapa persyaratan yg harus dipersiapkan sebelum mendaftar.


Berikut ini beberapa arsip yg butuh kamu persiapkan:


Fotokopi KTP

Fotokopi Kartu Keluarga (KK)

Fotokopi Buku Tabungan

Pasfoto Ukuran 3x4.

Jika kamu ingin mendaftar untuk 1 keluarga jadi lengkapi semua data dari anak buah yg ada dan lumayan memakai 1 buku rekening.

Meskipun kelak arsip yg dikumpulkan hanya fotokopi melainkan sebaiknya arsip yg orisinil juga dibawa untuk memudahkan verifikasi.

Pada dikala pertama mendaftar, jadi otomatis harus membayar iuran bulan pertama, oleh alasannya ialah itu jangan lupa untuk mempersiapkan dana pendaftaran.

Untuk pembayaran premi selanjutnya kamu bisa memakai fasilitas ATM alias Tokopedia.


Cara Cek Tunggakan BPJS Kesehatan

Sekarang bagaimana apabila dalam perjalanan pembayaran premi sempat tertunda jadi timbul tunggakan. Hal pertama ialah melakukan pembayaran supaya kartu tersebut tetap aktif dan bisa digunakan.

Cara untuk memeriksa jumlah tunggakan bisa dilakukan dengan cepat melewati beberapa langkah berikut ini:


#1. Menggunakan Website Resmi BPJS

Cara pertama untuk cek tunggakan BPJS Kesehatan ialah memakai situs resmi. Cara ini lumayan cepat dan mudah.

Kamu tinggal buka halaman resmi di: https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/

Dari situ kamu tinggal isi form no kartu, tanggal lahir, dan angka validasi kemudian klik CEK.

Tidak lama kemudian akan timbul daftar peserta BPJS Kesehatan dalam satu keluarga dan anggaran iuran dan denda keterlambatan alias tunggakan.


#2.  Cek Tunggakan BPJS Kesehatan Menggunakan SMS

Cara untuk mengenal jumlah tunggakan tagihan BPJS Kesehatan ialah melewati SMS Gateway. Layanan ini untuk memudahkan anak buah BPJS yg belum terhubung dengan jaringan internet.

Mereka bisa mengirim SMS ke 08777 5500 400 dengan kode Tagihan (spasi) Nomor Kartu BPJS Kesehatan.

Setelah itu kamu akan memperoleh rincian anggaran asuransi BPJS beserta tunggakan dan denda berjalan. Cara ini sangat manjur dan tak butuh capek datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan.


#3. Cek Tunggakan Iuran BPJS Kesehatan Dengan Aplikasi Mobile JKN

Cara selanjutnya untuk menonton tunggakan ialah dengan memakai software mobile JKN. Aplikasi ini bisa diunduh melewati android di google play store.

Setelah itu tinggal registrasi dan masuk ke software untuk cek tagihan bulan berjalan. Dari situ akan kelihatan tunggakan pembayaran BPJS Kesehatan.

Oke teman JurnalForex, itu tadi penjelasan sedikit mengenai tutorial cek jumlah tunggakan BPJS Kesehatan. Semoga info ini berguna dan bisa menjawab pertanyaan kamu.

Posting Komentar untuk "3 Cara Cepat Cek Tunggakan BPJS Kesehatan"