Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menabung Rp 50 Juta Dalam Setahun

Cara Menabung Rp 50 Juta Dalam Setahun


Apakah Kalian ada agenda menabung Rp 50 juta dalam setahun? Bisa tak ya diwujudkan? Jawabannya merupakan bisa. Dengan disiplin, meskipun gaji Kalian pas-pasan, Kalian masih dapat menyisihkan sedikit demi sedikit penghasilan Kalian untuk menabung.

Namun, bagaimana tutorial menabung Rp 50 juta dalam setahun?


1. Kendalikan Belanja Konsumtif

Strategi mutlak yg wajib Kalian kerahkan di bagian awal merupakan mengendalikan impian belanja konsumtif. Secara umum, ada rumus sederhana menabung, yaitu rumus 80-20. Dalam rumus 80-20 ini, sebesar 80 persen dari efek, dikarenakan oleh 20 persen penyebabnya.

Dalam bahasa sederhana mirip ini :

Alokasikan 20 persen dari pendapatan bersih untuk tabungan.

Alokasikan 80 persen sisanya dapat untuk memenuhi kebutuhan. Jangan habiskan lebih dari 80 persen pendapatan Kalian untuk impian bersenang-senang semata. Jika ini terjadi, Kalian wajib kembali siap-siap gali celah tutup celah atau berhutang.

2. Susun Strategi Menabung

Strategi selanjutnya, anggap saja ini bagian dari sasaran keuangan serta ambisi yg ingin Kalian capai tahun ini.

Buat Perincian Detil. Susun detil terkait angka pemasukan setiap bulan, pengeluaran rutin, serta alokasi untuk tabungan atau investasi atau asuransi. Terapkan prinsip 80-20 apabila Kalian belum sempat menyusun alokasi mirip ini sebelumnya.

Cek Pengeluaran Lainnya Yang Bisa Ditekan. Contohnya, kurangi biaya nongkrong sebesar Rp 1 juta. Maka, alokasi untuk tabungan serta investasi dapat bertambah menjadi Rp 3 juta.

Pegang komitmen. Setelah menyusun alokasi, cobalah memegang komitmen untuk tak mengutak-atik angka tersebut. Masih memakai contoh di atas, berusahalah untuk memenuhi Rp 3 juta untuk tabungan, investasi, serta asuransi. Jangan utak-atik angka tersebut. Jika Kalian dapat mempertahankannya dalam setahun ke depan, tabungan Kalian telah mencapai Rp 36 juta, bukan? Lalu, bagaimana dapat meningkatkan angka Rp 14 juta sisanya? Kalian dapat mengikuti langkah selanjutnya.


3. Cari Penghasilan Tambahan

Saat ini, ada tak sedikit kesempatan untuk mencari penghasilan tambahan tanpa modal banyak. Dengan catatan, Kalian mau mencobanya. Ini berbagai contoh upaya mencari penghasilan tambahan dengan modal minim atau bahkan tanpa modal :

Membuat Garage Sale. Jual baju, sepatu, atau barang-barang yg selagi ini Kalian beli sebab impulsif melewati garage sale. Jika barang-barang ini terjual serta menghasilkan Rp 1 juta atau Rp 2 juta, cukup bukan?

Jadi Reseller. Jadi pengecer kembali atau reseller juga dapat mendatangkan penghasilan tambahan. Kalian hanya butuh memasarkan produk tersebut.

Kembangkan Dana Investasi. Kalian dapat menyebarkan dana di produk investasi mirip saham, reksa dana, obligasi, atau asuransi sekaligus investasi (unit link).


4. Gunakan Metode Yang Bisa Membantu Anda

Jangan melupakan metode-metode yg dapat menolong Kalian dalam menabung. Tujuannya, supaya perencanaan serta taktik yg telah diterapkan tak gagal. Apa saja metodenya?

Simpan Uang Tabungan Otomatis. Simpan dengan cara otomatis tabungan Kalian melewati metode otodebit gaji bulanan ke rekening tabungan.

Gunakan Aplikasi Budgeting. Dewasa ini, ada tak sedikit software budgeting yg dapat menolong Kalian mengalokasikan penghasilan ke berbagai pos tertentu, tergolong tabungan. Aplikasi ini biasanya tersambung dengan rekening Anda. Sehingga, dikala Kalian mendapatkan gaji atau ada ajaran dana yg masuk, Kalian dapat mengaktifkan notifikasi untuk mengalihkan sebagian dana tersebut ke pos tabungan.


5. Jangan Mudah Tergoda

Ingat pada tujuan Kalian menabung supaya tak terpengaruhi untuk mengambil uang yg ada di dalam rekening tabungan. Sekali tergoda, Kalian akan terus-terusan melakukannya.

Dari alokasi 80 persen pendapatan, Kalian dapat menyisihkan sebagian dana lagi untuk Dana Darurat. Jika sewaktu-waktu Kalian menghadapi kebutuhan mendesak, Kalian dapat menutupnya dari alokasi dana darurat tersebut. Jadi, jangan mengutak-atik dana di rekening tabungan.

Posting Komentar untuk "Cara Menabung Rp 50 Juta Dalam Setahun"