Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tak Hanya untuk Investasi Logam Mulia, Ini Daftar 8 Manfaat Emas

Tak Hanya untuk Investasi Logam Mulia, Ini Daftar 8 Manfaat Emas

cover


Seiring waktu berjalan, emas telah memang menjadi satu-satunya tipe dari beragam besi mulia yg bernilai tinggi dan paling diterima masyarakat.

Emas telah lama berguna sebagai perhiasan bahkan pernah menjadi alat pembayaran. Namun demikian, sejatinya emas selain bertujuan sebagai investasi entah berupa emas perhiasan maupun batangan besi mulia.


Melansir Detik.com, berikut 8 fungsi emas dalam beberapa sendi kehidupan :


1. Manfaat Emas dalam Bidang Ekonomi

Emas sangat berguna dalam bidang ekonomi sebab menjadi salah satu komoditi yg bernilai jual tinggi. Karena nilainya tersebut, emas pernah dipakai sebagai pengganti uang untuk bertransaksi semenjak zaman dulu kala.

Di segi lain sampai kini, emas mampu dipakai sebagai salah satu bentuk cadangan devisa sebuah negara sebab nilainya tinggi. Alasannya tidak lain sebab emas bersifat convertible, alias semua negara mampu mendapatkan emas sebagai alat pembayaraninternasional yg sah.


2. Manfaat Emas dalam Bidang Agama

Ada penilaian emas dianggap suci dan melambangkan keagungan. Tak ayal emas juga dipakai umpama di Vihara Wat Pho, Bangkok, ada patung Buddha dari emas yg diberi nama Reclining Buddha. Contoh lainnya, emas dipakai sebagai lapisan pada kubah di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin di Brunei dam Gereja La Compania di Roma.


3. Manfaat Emas dalam Bidang Sosial

Sementara pada bidang sosial yg berkaitan dengan masyarakat, emas identik dengan lambang kekayaan. Makanya tidak butuh heran jikalau ada sejumlah orang-orang yg nampak suka memakai tidak sedikit emas sebagai perhiasan maupun koleksi tergolong emas batangan.


4. Manfaat Emas dalam Bidang Industri

Manfaat emas selanjutnya dalam bidang industri. Sifat yg lunak, mudah ditempa, mewah, dan berkilau membikin industri melirik emas untuk dibangun perhiasan dan sejumlah produk lainnya semacam pajangan dan souvenir.

Tak hanya industri yg umum, ada juga yg unik-unik. Seperti emas ke dalam bahan pembuatan kaca khusus sampai pelindung helm astronot, sebab bertujuan sebagai pemantul radiasi sinar matahari.Selain itu, emas juga dijadikan sebagai pelapis bahan bangunan. NASA juga memakai emas untuk beberapa elemen di pesawat luar angkasa, semacam bahan sirkuit dan pelumas untuk kendaraan luar antariksa sebab bersifat konduktor yg baik dan antikarat.


5. Manfaat Emas dalam Bidang Kesehatan

Apakah investor telah mengenal jikalau emas mempunyai tidak sedikit fungsi untuk kesehatan? Iya nyatanya emas juga dimanfaatkan sebagai salah satu campuran obat. Di antaranya semacam mampu menjaga kesehatan jantung sebab mampu memperlancar oksigen dalam darah jadi menjadi lebih lancar.Lalu, emas juga mempunyai fungsi dalam melancarkan ajaran kelenjar getah bening, khususnya di area wajah.

Dengan teratur menjalani perawatan kulit dengan emas, kulit wajah akan terhindar dari pembengkakan, iritasi, kemerahan, dan mampu menghapus bulat hitam.Selain itu, pada dunia kedokteran gigi, emas juga ada dipakai untuk melapisi gigi palsu sebagai ganti gigi berlubang alias yg telah tanggal.


6. Manfaat Emas dalam Bidang Kecantikan

Manfaat emas sangat tidak sedikit untuk kecantikan tubuh dan wajah, antara lain mengurangi kerutan, garis halus, dan noda hitam khususnya pada muka, yg mampu membikin seseorang lebih muda. Selain itu, mampu untuk mencegah penuaan dini dan juga mampu mencerahkan kulit.

Emas juga disebut-sebut mampu menghambat penurunan kolagen, mengobati kerusakan kulit dampak matahari, mengobati alergi, menanggulangi inflamasi, dan menambah elastisitas kulit.


7. Manfaat Emas dalam Bidang Elektronik

Emas adalah penghantar yg sangat baik, jadi sangat  diperlukan dalam komponen elektronik. Hanya saja, sebab harganya agak mahal jadi lebih tidak sedikit digantikan oleh tembaga alias besi lainnya yg mempunya sifat yg sama.

Barang-barang elektronik yg biasa memakai emas dalam komponennya semacam televisi, monitor, prosesor komputer, USB connector, radio, dan lain sebagainya. Bahkan, ada juga kartu SIM yg memakai kandungan emas, walau tidak banyak. Sifat lain emas yaitu korosif juga membikin emas tidak jarang dijadikan lapisan dari alat-alat elektronik semacam tv, radio, alias komputer.


8. Manfaat Emas untuk Penghargaan

Pada segi lainnya, emas dipakai untuk medali dan trofi pada ajang kompetisi olah raga maupun akademik. Medali emas diberikan untuk pemenang juara 1.

Ayo dari pelbagai fungsi emas di atas, mana yg baru Kalian ketahui?

Posting Komentar untuk "Tak Hanya untuk Investasi Logam Mulia, Ini Daftar 8 Manfaat Emas"