Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Trader Harus Mengetahui Sentimen Pasar dan Bagaimana Cara Mengukurnya?

Sentimen pasar adalah konsep penting dalam aktivitas trading dan investasi. Hal ini mengacu pada sikap keseluruhan di antara investor dan trader tentang pasar secara keseluruhan atau aset tertentu.

Pastinya konsep ini saja tidak cukup untuk menganalisis pasar dan memutuskan bagaimana, juga di mana kita memulai trading, akan tetapi hal ini merupakan indikasi penting yang dapat kita miliki di awal trading.

Mengetahui untuk mendapatkan informasi bullish atau bearish dan kemudian pada keputusan seorang trader.

Karena itu, sentimen pasar termasuk salah satu hal penting yang harus diketahui oleh para trader. Bagaimana caranya? Artikel ini akan membahas tentang pengertian dan cara mengukur atau mengidentifikasi sentimen pasar yang sering digunakan.

Apa Itu Sentimen Pasar?

Sentimen pasar adalah sikap umum yang dimiliki investor dan trader pada saat atau periode tertentu. Misalnya, kadang-kadang, sentimennya akan positif terutama ketika segala sesuatunya berjalan dengan baik. Namun, terkadang sentimen di pasar akan negatif, terutama ketika ada potensi risiko di pasar.

Sederhananya, sentimen pasar merupakan suasana hati pasar selama sesi trading saat ini. Mengapa begitu? Karena sentimen tak beda jauh dengan suasana hati yang dapat selalu bergerak dengan cepat dalam berbagai alasan.

Sebagai seorang trader atau investor, memiliki pemahaman yang baik tentang keadaan pasar akan membantu Anda mengetahui apakah akan buy atau sell kepemilikan aset.

Sentimen ini akan menentukan permintaan dan persediaan mata uang tertentu, saham, atau aset. Jika pasar positif dengan kondisi saat ini, maka akan mendorong harga yang lebih tinggi, sebaliknya, jika pasar pesimis maka harga diharapkan jatuh.

Selain itu, sentimen pasar juga akan membantu trader dalam memutuskan jenis aset yang ingin dibeli ataupun dijual.

Ketakutan dan Keserakahan di Pasar

Cara yang baik untuk memahami konsep sentimen pasar adalah ketakutan dan keserakahan. Idealnya, ketakutan dan keserakahan adalah dua pendorong utama pasar keuangan.

Ketika investor serakah, mereka cenderung membeli aset yang harganya naik bahkan tanpa mempertimbangkan nilai intrinsiknya. Ada banyak contoh dalam semua ini.

Misalnya, selama gelembung dot com, banyak investor merasa nyaman membeli saham perusahaan selama mereka memiliki akhiran .com.

Situasi yang sama terlihat selama reli cryptocurrency yang terjadi pada awal 2021. Pada saat itu, investor merasa nyaman membeli semua cryptocurrency, termasuk yang memiliki nilai intrinsik kecil seperti Shiba Inu dan Dogelon Mars.

Sedangkan ketakutan, didefinisikan sebagai situasi di mana investor dan pedagang takut akan risiko besar di pasar. Ini adalah jenis sentimen pasar yang populer di dunia saat ini.

Seperti halnya pada November 2021, sebagian besar saham turun tajam setelah Afrika Selatan mengonfirmasi munculnya varian baru Covid-19 yang dikenal dengan Omicron.

Baca juga: Begini Cara Mengatasi Kebosanan dalam Trading

Cara Mengukur Sentimen Pasar

Untuk saat ini bisa dibilang ada banyak sekali cara untuk mengukur sentimen pasar. Namun ada beberapa alat yang cukup populer di kalangan trader profesional. Jika Anda ingin mengetahuinya, dibawah ini merupakan alat yang bisa Anda gunakan untuk mengukur sentimen pasar:

CBOE Volatility Index (VIX)

Indeks volatilitas CBOE adalah ukuran sentimen pasar yang populer. Ini adalah alat yang dibuat oleh CBOE dan Goldman Sachs beberapa dekade yang lalu. Ini menilai posisi pasar opsi dalam indeks S&P 500.

VIX atau yang lebih dikenal dengan indeks ketakutan ini merupakan alat yang akan membantu menganalisis harga untuk opsi dan volatilitas. Harga ini digunakan untuk melindungi diri dari potensi koreksi pada harga.

Perlu digaris bawahi jika semakin tinggi volatilitas, maka ketakutan adanya kemungkinan perubahan dalam trend. Hal ini berlaku pada sebaliknya, jika volatilitas rendah juga menunjukkan sentimen yang stabil dan trend yang sedang berlangsung akan terus berlanjut.

Fear and Greed Index

Pengukur sentimen pasar berikutnya adalah Fear and Greed Index. Fear and Greed Index adalah alat yang dibuat oleh CNN Money dan merupakan kombinasi dari berbagai alat pengukur. Ini mengukur sentimen pasar dengan melihat hal-hal seperti indeks Volatilitas CBOE, permintaan untuk tempat berlindung yang aman seperti obligasi, opsi jual dan beli, dan luasnya harga saham antara lain.

Pengukur berkisar dari nol hingga 100. Saat bergerak ke 50, sentimen biasanya netral. Pergerakan di atas 60 adalah tanda bahwa investor serakah dan ketika bergerak di bawah 40 itu adalah tanda keserakahan.

Breadth Indicators

Beberapa Breadth Indicators seperti McClellan oscillator dan Advance-Decline Line (ADL) adalah ukuran sentimen yang baik di pasar. Indikator-indikator ini dihitung dengan melihat jumlah saham dalam suatu indeks yang naik dan turun. Breadth Indicators lainnya melihat volume indikator.

Ide di balik ini sederhana. Jika perusahaan S&P 500 terbesar seperti Apple dan Microsoft naik sementara sebagian besar perusahaan jatuh, itu berarti kekuatan indeks tidak terlalu bagus. Oleh karena itu, pengamatan yang baik pada indikator ini dapat memberi tahu Anda sentimen di pasar.

Oscillator

Terkadang, osilator seperti Relative Strength Index (RSI) dan Commodity Channel Index (CCI) adalah ukuran sentimen yang penting. Idealnya, ketika mereka berada di level overbought, itu adalah tanda bahwa para pedagang sedang bersemangat tentang pasar.

Bagaimana Menggunakan Sentimen Pasar pada Trading?

Sangat memungkinkan jika sentimen pasar sangat dibutuhkan oleh para trader. Faktanya, seringkali trader untuk melihat banyak trader memeriksa kinerja indeks ketakutan dan keserakahan dan indikator sentimen lainnya sebelum mereka memulai bertrading. Anda juga dapat memasukkannya ke dalam rutinitas sebelum trading Anda.

Terkadang, melihat sentimen keseluruhan akan memberi Anda lebih banyak informasi tentang tahap di mana pasar berada.

Misalnya, jika indeks ketakutan dan keserakahan telah pindah ke zona ketakutan ekstrem, itu bisa menjadi tanda bahwa pembalikan naik akan segera dimulai.

Pada beberapa kondisi, pergerakan harga ini mengarah pada lanjutan bullish di saham. Demikian pula, jika indeks ketakutan dan keserakahan berada di zona keserakahan yang ekstrem, biasanya itu merupakan tanda bahwa saham akan memulai trend bearish dalam waktu dekat.

Namun, sentimen harus membentuk dasar bagaimana Anda bertrading. Ini akan membantu Anda dengan aspek analisis lain seperti analisis teknis dan tindakan harga.

Cara Memeriksa Sentimen Pasar

Sangat mudah untuk memeriksa sentimen pasar di pasar keuangan. Misalnya, Anda dapat membentuk kebiasaan untuk memeriksa indeks ketakutan dan keserakahan kapan saja sebelum Anda memulai trading.

Selain itu, Anda harus melihat pengukur sentimen lain untuk melihat bagaimana keadaannya. Anda harus memiliki akses ke daftar pantauan yang akan memberi Anda lebih banyak detail tentang saham bekerja terbaik dan alasan di balik pergerakannya.

Posting Komentar untuk "Mengapa Trader Harus Mengetahui Sentimen Pasar dan Bagaimana Cara Mengukurnya?"