Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Sederhana Membedakan Emas Asli dan Palsu

10 Cara Sederhana Membedakan Emas Asli dan Palsu

cara membedakan emas asli dan palsu

Sejak zaman dahulu, investasi emas terbukti rutin menjadi perhatian. Hal ini alasannya harga emas rutin naik setiap tahunnya serta membikin orang-orang berpendapat ini sebagai urusan ekonomi jual beli yg sangat menguntungkan. Selain itu, desain emas yg menarik hati dengan bentuk yg indah, membikin emas rutin diburu tak sedikit orang.

Sayangnya, tak sedikit pula orang-orang yg memburu emas dengan cara-cara yg tak baik. Misalnya dengan melakukan pemalsuan emas serta menipu orang-orang lain demi keuntungan pribadi.

Oleh alasannya itu tutorial membedakan emas orisinil serta palsu butuh Kalian pelajari supaya tak menjadi korban penipuan. Sayang apabila Kalian wajib kehilangan uang ketika memperoleh emas palsu di pasaran.

Membedakan keadaan emas yg palsu alias orisinil bisa Kalian perbuat berbagai tutorial diantaranya 10 tutorial ini yg akan kita bahas dalam postingan kali ini.


10 Cara Membedakan Emas Asli serta Palsu

Cara membedakan emas orisinil serta palsu sebetulnya bukanlah faktor yg sulit. Cara paling mudah malah hanya memakai gigi saja yaitu dengan tutorial digigit.

Cara ini biasa dipakai oleh para atlet ketika mereka melakukan selebrasi ketika mendapatkan medali emas. Apa serta bagaimana tutorial selanjutnya untuk bisa membedakan emas orisinil serta palsu, berikut ulasannya.


#1 Gigit dengan Gigi alias Tekan dengan Kuku

Cara ini ialah salah satu langkah yg lumayan manjur untuk membedakan apakah emas tersebut orisinil alias bukan. Karena emas ialah besi yg unik, mengapa unik? Karena terus tinggi kualitas dari kemurnian emas itu sendiri, jadi ia akan terus lunak.

Jadi, apabila ketika menandakan emas, Kalian lumayan menggigit alias menekan kuat dengan kuku, apabila ada bekas gigitan serta kuku, jadi telah bisa dipastikan emas tersebut asli.

Sebaliknya apabila keras, jadi ada kemungkinan emas tersebut palsu alias telah mengalami pencampuran besi lain, semacam emas yg dipakai untuk perhiasan.

Emas yg dipakai sebagai kalung, cincin, anting, gelang serta lain-lain, terbukti telah dicampur perak alias tembaga. Hal ini supaya emas lebih kuat serta mempunyai tingkat ketahanan lebih tinggi.


#2 Uji dengan "Diadu" Logam Lain

Cara kedua ialah dengan memperlawankan emas dengan besi lain semacam koin uang logam. Jika terdengar bunyi dengan nada tinggi serta dering yg panjang, jadi emas tersebut asli. Sebaliknya apabila nada terdengar pendek, jadi bisa dipastikan emas tersebut palsu alias imitasi.


#3 Gosok serta Lihat Perubahan Warnanya

Menggosok permukaan emas ialah tutorial membedakan emas orisinil alias palsu. Caranya lumayan menggosok dengan cara berulang di permukaan emas dengan memakai telapak tangan alias telunjuk. Kemudian lihat warnanya, apabila memudar, jadi emas tersebut ialah palsu. Namun apabila tetap, jadi itulah emas asli.


#4 Cek Menggunakan Kertas alias Keramik

Cara mengenal emas orisinil yg satu ini juga terbilang lumayan sederhana, yaitu dengan menggores emas pada kertas alias keramik. Emas yg orisinil tak akan mudah tergores, tetapi emas yg palsu absolut akan eksklusif terkesan dengan terang goresan-goresan kecil serta absolut saja warnanya pun menjelma kehitaman.


#5 Dekatkan ke Magnet Adalah Salah Satu Cara Membedakan Emas Asli alias Palsu

Salah satu tutorial untuk mengukur keaslian emas ialah dengan mendekatkan ke magnet. Mengapa? Karena emas ialah bukan besi magnetik yg apabila didekatkan dengan magnet, jadi ia akan tolak menolak serta tak menempel sama sekali. Jadi, emas yg orisinil ialah emas yg apabila didekatkan dengan magnet, ia tak akan menempel.


#6 Gunakan Asam Nitrat

Cara membedakan emas orisinil alias palsu ini terbukti wajib didampingi oleh seorang profesional, alasannya apabila tak emas yg diuji dengan asam nitrat akan rusak. Pertama-tama, teteskan sedikit asam nitrat pada emas, kemudian lihat reaksinya berbagai ketika kemudian. Jika terjadi perubahan warna, jadi emas tersebut asli, tetapi apabila tak terjadi perubahan warna sama sekali berarti emas tersebut ialah palsu. 


#7 Gunakan Alat Pengukur Emas serta Aplikasi CertiEye

Alat ini terbukti bisa dibilang lumayan mahal harganya serta hanya biasa dipakai di toko-toko emas. Namun, alat ini sangat manjur untuk menentukan serta mengukur keaslian dari emas. Nama alat tersebut ialah gold meter, alat ini tak hanya sanggup mengukur keaslian emas, tetapi juga bisa menilai kandungan lain dalam emas, apabila emas tersebut palsu alias ialah emas campuran.

Selain memakai alat pengukur emas, Kalian juga bisa memakai software CertiEye. Aplikasi ini ialah software resmi untuk pengecekan emas, milik emas batang Antam. Inovasi ini dibangun sebagai langkah antisipasi untuk keamanan serta keaslian produk emas Antam.

Cara untuk mendeteksi ialah dengan melakukan pemindaian kepada "barcode" yg tertera di setiap produk emas batangan yg dihasilkan PT. Antam. Setelah pemindaian dilakukan, nantinya akan ada keterangan emas tersebut orisinil alias palsu. Jadi, apabila Kalian beli emas batangan PT. Antam perhatikan barcodenya ya.


#8 Rasakan Beratnya

Cara ini terbukti tak bisa dilakukan oleh orang-orang biasa, tetapi wajib ada seorang yg profesional yg telah terbiasa mengukur emas. Dengan mencicipi berat emas, jadi orang-orang yg terbiasa mengukur emas akan tahu dengan sendirinya apakah emas tersebut palsu alias bukan

Jika emas terasa ringan, jadi emas tersebut palsu. Sebaliknya, apabila terasa lebih berat, jadi emas tersebut asli.


#9 Ukur Kepadatan Emasnya

Cara mengukur kepadatan emas yg satu ini terbukti bisa juga menjadi tolak ukur emas tersebut orisinil alias bukan, namun, tutorial ini ada rumusnya.

Pertama-tama, hitung dengan cara digital dengan presisinya ialah satuan gram. Kedua, masukkan air ke dalam gelas ukur yg mempunyai satuan ukur milimeter. Hal ini supaya Kalian bisa dengan mudah menyimak volume air, ketika sebelum serta sesudah dimasukkan emas.

Ketiga, ikat emas dengan benang serta masukkan emas ke dalam gelas yg telah berisi air tersebut. Jangan lupa untuk menonton tingkat volume air sebelum emas tersebut dimasukkan.Setelah emas masuk ke dalam gelas, ukur kembali perubahan tingkat volume air. Nah, saatnya Kalian memakai rumus.

Keempat, tambahkan rumus kepadatan emas, yaitu massa : volume. Misalnya berat emas ialah 38 gram, volume airnya ialah 2 mm, jadi 38 gram : 2 mm = 19 gram/mm. Itulah kepadatan emas yg dihasilkan. Dengan tutorial ini, Kalian bisa menilai apakah emas tersebut orisinil alias palsu. 


#10 Periksa Sertifikat Emasnya

Setiap emas murni, absolut mempunyai sertifikat emas. Sertifikat emas yg orisinil akan terkesan tandanya di bawah sinar ultraviolet. Biasanya tanda ini tersedia pada emas batangan, jadi akan terkesan garis minor warna warni, tanda ini sama semacam tanda di uang kertas asli.

Selanjutnya, lihat pula logo watermark dari perusahaan pencetak sertifikat emas orisinil tersebut. 

Demikian 10 tutorial membedakan emas orisinil alias palsu.Jangan ragu untuk mempelajarinya ya, supaya Kalian tak mudah terkecoh oleh pihak yg tak bertanggung jawab.

Ada baiknya untuk investasi jangka panjang, perbuat pembelian emas murni ditempat yg terpercaya semacam PT. Antam.

Sebaliknya apabila hanya ingin menggunakannya untuk sehari-hari, jadi Kalian bisa membeli perhiasan emas yg dipasarkan di toko emas.

Posting Komentar untuk "10 Cara Sederhana Membedakan Emas Asli dan Palsu"